Profil K. H. Ishaq Yahya - Pendiri Pesantren Miftahul Ulum

Profil K. H. Ishaq Yahya - Pendiri Pesantren Miftahul Ulum ini kami ambil dari situs resminya www.miftahul-ulum.com. Untuk mengetahui profil Pesantren Miftahul Ulum klik link ini dan untuk melihat video profil Pesantren Miftahul Ulum klik link ini. Berikut Profil K. H. Ishaq Yahya - Pendiri Pesantren Miftahul Ulum :

Muallim K. H. Ishaq Yahya adalah pendiri Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Beliau, lahir di Jakarta tanggal 28 April 1928, adalah sosok ulama kharismatik, bersahaja, mempunyai pembawaan yang tenang dan menyejukkan, tidak banyak bicara, serta memiliki pandangan yang luas dan mendalam, berpenampilan sederhana namun memancarkan kharisma yang kuat karena dorongan sinar iman, ilmu dan akhlaqul karimah.

Sejak kecil Muallim Ishaq Yahya dikenal gigih dalam menuntut ilmu. Kegigihan ini terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dalam perjalanan hidupnya. Tak ada satu masapun dalam hidupnya yang kosong dari kegiatan menimba ilmu. Dalam hal ini beliau tidak pernah merasa puas.

Di usia yang terbilang masih belia, ia memulai belajar Al-Qur'an beserta tajwidnya dan dasar-dasar ilmu agama dari orang tuanya. Kemudian belajar di Perguruan Islam Jam'iyyatul Khair selama tiga tahun (1946-1949), madrasah yang paling populer di Jakarta pada saat itu.

Setelah beliau menamatkan pendidikannya di Jam'iyya-tul Khair, beliau berangkat menuju kota suci Makkah al-Mukarromah untuk belajar agama dari para ulama terkemuka di kota ini.

Karena kemampuan akademis Muallim Ishaq Yahya, maka beliau diberikan kepercayaan oleh para guru beliau untuk mengajar di Darul Ulum ad-Diniyyah Makkah al-Mukarromah, tempat beliau belajar.

Selama ? 8 tahun beliau menimba ilmu pengetahuan di kota suci Makkah di bawah bimbingan dan asuhan para guru beliau, diantaranya :

Syeikh Muhammad Yasin bin Isa al-Fadhani
Syeikh Muhajirin (bermukim di Bekasi). Beliau adalah guru Muallim Ishaq Yahya yang banyak menuntun Muallim dalam berbagai disiplin ilmu.
Syeikh Ahmad al-Mansuri
Syeikh Muhammad Musthofa as-Siggity
Syeikh Sulaiman al-Buguri
Syeikh Hasan al-Yamani
Syeikh Hasan Masath
Syeikh Sayyid Amin al-Quthby
Syeikh Sayyid Muhammad al-Araby
Syeikh Sayyid Alawy al-Maliky
Syeikh Sayyid Abdul Qadir Mandili
K.H. Ali Syibromalisi
K.H. Abdul Razak Makmun
Dan masih banyak lagi guru-guru beliau lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Muallim K. H. Ishaq Yahya kembali menghadap Yang Maha Kuasa pada umur yang relatif muda. Ahad, tanggal 20 Dzulqa'dah 1400 H bertepatan dengan 28 September 1980 M jam 09:00 WIB Sang Khaliq memanggil Muallim untuk menghadap ke HadapanNya di umur beliau yang ke 52 Tahun.

Post a Comment

1 Comments

  1. Alhamdulillah masih banyak ulama yang dapat mencerahkan dunia yang mulai keropos dan penuh kesesatan ini

    ReplyDelete