Direktur PD Pontren Meninjau Reaktor Nuklir BATAN - Berita

 Direktur PD Pontren Meninjau Reaktor Nuklir BATAN
Serpong. Rabu lalu (15/2/2012) Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Drs. H. A. Saifuddin, MA (berbaju putih) beserta staf mengunjungi reaktor Serba Guna G.A Siwabessy.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala PRSG, Alim Tarigan, Kepala PKTN, Ferly Hermana, Kepala PDIN, Totti Tjiptosumirat, dan Kepala BKHH, Ferhat Aziz, di lobby Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kepala BATAN, Hudi Hastowo, ke Kementerian Agama beberapa waktu lalu yang saat itu diterima oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, dalam rangka menjalin kerja sama untuk menyebarluaskan hasil Litbang BATAN ke pondok pesantren di Indonesia.


Direktur PD Pontren yang didampingi Kasubdit Pendidikan Pesantren Drs. H. Imam Safei, M.Pd berkesempatan melihat dari dekat reaktor reaktor Serba Guna G.A Siwabessy (RSG-GAS) yang memproduksi beragam isotop yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan dan pertanian. Salah satunya hasil teknologi RSG GAS ini langsung diterapkan di Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan di Desa Keranggan, Kec. Setu, Kab. Tangerang yang merupakan salah satu binaan BATAN dalam penerapan aplikasi teknik nuklir di bidang pakan ternak sapi. Yayasan yang membina 96 siswa ini juga telah memanfaatkan biogas dari kotoran ternak sapi yang dapat mereka manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, dengan binaan BATAN, yayasan ini telah mampu membuat pakan ternak yang merangsang mikroba dalam perut sapi mengolah makanan lebih cepat. Hasilnya sapi menjadi lekas gemuk dalam waktu singkat.

Kunjungan tersebut semakin mengukuhkan tekad Kementerian Agama dalam pemberdayaan pondok pesantren dengan memanfaatkan aplikasi teknik nuklir di lingkungan pondok pesantren. Melalui kerjasama dengan BATAN, akselerasi kemajuan dunia usaha di lingkungan pesantren diyakini akan tercapai. Jika kerjasama ini kelak terwujud, potensi pesantren yang berjumlah sekitar 25 ribu di seluruh tanah air tentu akan memberikan sumbangan signfikan bagi pertumbuhan ekonomi. (zetha)

source : www.pondokpesantren.net

Post a Comment

0 Comments