Bagaimana Agar Hati tenang? Tanya Ustadz

"Ustadz Faisal, bagaimanakah agar hati tenang? Menjadi remaja tidak jarang ada kegelisahan dan kegelauan."
Didi Permadi, 12 tahun, Santri Sadpas Pesantren asal Cikuya, Brebes.  
Konsultasi Ustadz - Bagaimana Agar Hati tenang?

Jawaban Konsultasi
Oleh Ust. Faisal Hilmi

Adek Didi yang baik hati. Agar hati tenang setidaknya ada 3 hal prinsip yang harus kita lakukan:

Pertama, menyandarkan kehidupan pada Allah SWT. Tentu kita sebagai santri belajar banyak pentingnya menjalani hidup bersandar pada Allah. Tidak akan ada kekecewaan bila kita bersandaar pada Allah.

Kedua, selalu mengingat Allah. "Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang." (QS. Ar-Ra'd : 28). Allah selalu ada. Allah Maha Sempurna. Sedang manusia atau makhluk memiliki kekurangan dan tidak selalu bisa ada buat kita. Mereka ada kepentingan sendiri juga. Kebutuhan pribadi. Dan manusia pula punya masalah.

Ust. Faisal Hilmi
Ketiga, memperbanyak amal sholeh. Kita gelisah dan galau, lebih banyak dihasilkan karena kita melakukan kesalahan dan dosa. Sehingga hati menjadi tidak tenang. Tidak tenang ini sebetulnya hal baik. Ia sebagai alarm atau tanda saat kita melakukan kesalahan dan dosa. Sehingga kita diingatkan segera memperbaiki sikap kita. Selain ibadah, amal sedekah berbagi dari yang kita miliki mendaataangkan ketenangan.

Sekian Adek Didi, semoga bisa membantu menjawab persoalannya. Yuk sama-sama kita tingkatkan prinsip kita yang menyandarkan hidup pada Allah, perbanyak mengingat Allah, dan memperbanyak amal shaleh. Ingsyallah hidup menjadi tenang.

Wallahu a'lam bishawab.




Post a Comment

0 Comments