KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ALLAH SWT DALAM KITAB AKHLAQUL BANIN


Wahai anak yang sopan: Sungguh Allah telah menganugerahkan nikmat yang banyak untukmu: Allah mengadakanmu setelah tiada, memberimu akal, dan menghadiahkan untukmu agama Islam, yang merupakan nikmat paling besar, memberikan nikmat pendengaran, penglihatan, lisan untukmu, kedua tangan, kedua kaki, dan menciptakan penglihatan yang jelas, dengan sebaik-baik ciptaan. Sebagaimana firman Allah SWT:

Cover Kitab Akhlaqul Banin

(“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dengan penciptaan yang sebaik-baiknya”). Dan memberimu kesehatan walafiat, meletakkan kasih sayang di hati kedua orang tuamu, sampai keduanya mendidikmu dengan pendidikan yang sempurna dan menekankan rasa cinta terhadap guru-gurumu, sampai dia mengajarkan apa-apa yang bermanfaat bagi agama dan duniamu, dan masih banyak lagi nikmat-nikmat Allah SWT yang tidak dapat dihitung: (“Jika kamu menghitung nikmat Allah maka kamu tidak dapat menghitungnya”).
  1. Maka diharuskan untukmu bersyukur atas nikmat Tuhanmu: dengan mentaati perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, mengagungkan-Nya di hatimu, tidak melakukan perbuatan yang buruk, walaupun dalam keadaan sendirian, sebagaimana dalam hadis : “Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kamu berada”. Dan cintailah Tuhanmu melebihi cinta terhadap kedua orang tuamu, dirimu, dan cintailah juga Malaikat-malaikat-Nya, Rasul-rasul-Nya, Nabi-nabi-Nya, dan orang-orang sholeh dari pada hamba-hamba-Nya, dikarenakan Allah SWT mencintai mereka.
  2. Dan diwajibkan atasmu juga: memohon kepada Allah dalam setiap kebutuhanmu, wajib pula untukmu bertawakal kepada Allah dalam setiap perkara-perkaramu, sebagaimana firman Allah SWT: (“Hanya kepada Allah aku bertawakal jika kamu seorang mu’min”). Dan sebagaimana  dalam hadis Ibnu Abbas Ra : Bahwa Nabi Saw berkata kepadaku: wahai anak kecil: Sesungguhnya aku mengajarimu kalimat : Jagalah Allah maka Allah akan menjagamu, jagalah Allah maka kamu akan mendapati-Nya sebagaimana Dia mendapatimu, jika kamu bertanya maka bertanyalah kepada Allah, dan jika kamu memohon maka mohonlah kepada Allah, ketahuilah jika satu umat bersatu untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagimu maka tidak akan bermanfaat sesuatu itu kecuali telah Allah tetapkan untukmu dan jika satu umat bersatu untuk membuat sesuatu yang membahayakanmu maka tidak akan berbahaya sesuatu itu kecuali telah Allah tetapkan untukmu. Telah terangkatnya pulpen dan telah keringnya lembaran.
  3. Jika kamu bersyukur kepada Tuhanmu maka bertambahlah untukmu nikmat-Nya, sebagaimana firman Allah dalam kitab-Nya yang mulia: (“Jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah untukmu”). Allah akan menjagamu dari musibah, mengabulkan harapan dan keinginanmu dan menjadikan makhluk yang lainnya mencintaimu pula:
(“Sesungguhnya orang yang beriman dan beramal sholeh, Allah akan tanamkan rasa cinta dari makhluk yang lain”). Allah mencintai mereka dan menanamkan rasa cinta kepada manusia. Sebagaimana dalam hadis: (“Sesungguhnya Allah Maha melimpah keberkahan: Apabila Allah mencintai seseorang hamba maka Allah akan berseru keapada malaikat Jibril: Sesungguhnya Allah telah mencintai fulan maka cintailah dia, kemudian Jibril berseru di langit: Sesungguhnya Allah telah mencintai fulan maka cintailah dia, maka dia akan dicintai penduduk langit, jika orang ini berdoa maka akan dikabulkan”).

KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ALLAH SWT DALAM KITAB AKHLAQUL BANIN. Diterjemahkan dan tercantum oleh : Syarifah Nur Hidayatullah dalam https://syarofahnurhidayatullah.wordpress.com


Post a Comment

0 Comments